“KE PASAR MEMBELI IKAN UNTUK DIMAKAN BERSAMA TEMAN MARI PERBARUI DATA KEPENDUDUKAN UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN DI SLEMAN” PANTUN WAKIL BUPATI SLEMAN DALAM PENUTUPAN SISIR ADMINDUK KEGIATAN PUPM TAHUN 2024 DI KALURAHAN AMBARKETAWANG KAPANEWON GAMPING



Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman menyelenggarakan Penutupan Sosialisasi Informasi, Rekam Data, dan Pelayanan Administrasi Kependudukan (SISIR ADMINDUK) Kegiatan Pagu Usulan Partisipasi Masyarakat (PUPM) yang dilaksanakan di Kalurahan Ambarketawang Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman pada hari Kamis, tanggal 30 Mei 2024. 

Narasumber dalam acara SISIR ADMINDUK tersebut adalah Wakil Bupati Sleman Bapak Danang Maharsa, S.E., Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman sekaligus Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Bapak Drs. Susmiarto, M.M., Perwakilan Bank Sleman Ibu Retno Hermawati, S.E. dan Perwakilan dari BPJS Ibu Kristina Ulfa. 

Acara tersebut dihadiri oleh Panewu Gamping dan jajarannya, Lurah Ambarketawang, Kepala Urusan Tata Laksana Kalurahan Ambarketawang, Pamong Kalurahan Ambarketawang, Pengurus Lembaga Kalurahan, RT/RW, Kader PKK, Kader Kesehatan, Kader Adminduk dan Guru PAUD/TK/SD/SMP di Kalurahan Ambarketawang. 

yle="color: rgb(0, 0, 0);">Dalam sambutannya Wakil Bupati Sleman Bapak Danang Maharsa, S.E. menyampaikan sebuah pantun “Ke pasar membeli ikan, untuk dimakan bersama teman, mari perbarui data kependudukan, untuk mendukung pembangunan di Sleman.” Beliau menyampaikan bahwa Sisir Adminduk adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan. Dari hasil pemantauan, kegiatan ini sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan kesadaran dan semangat masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan. Masyarakat dihimbau untuk segera mengurus dokumen kependudukannya, jangan hanya mengurus jika pas dibutuhkan saja. Saat ini, pelayanan adminduk sudah dapat dilakukan melalui kalurahan yaitu Posyanduk dan Dukcapil Online. Jadi, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman. Selain itu, saat ini sudah ada aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Siklus hidup masyarakat dari lahir sampai meninggal membutuhkan dokumen kependudukan. Terlebih untuk ke depannya, pemerintah akan menerapkan kebijakan SATU DATA, dimana NIK akan menjadi acuan dasar untuk dokumen-dokumen dari instansi-instansi lainnya. Artinya, NIK sangat penting. Mudah-mudahan Sisir Adminduk menjadi penyemangat masyarakat untuk semakin giat dan sadar terhadap administrasi kependudukan. Harapannya, masyarakat yang hadir dan mengikuti sosialisasi ini dapat menginformasikan kepada warga yang lain. 

yle="color: rgb(0, 0, 0);">Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, Bapak Drs. Susmiarto, M.M. memberikan sosialisasi bahwa data kependudukan menjadi acuan untuk semua instansi. Akta kelahiran dijadikan dokumen dasar untuk pembuatan dokumen adminduk yang lain. Selain itu, akta kelahiran dan akta kematian juga digunakan untuk keperluan lain seperti pendaftaran sekolah, umroh/haji, KPU, BPN, Kartu Petani, Perbankan, BPJS Kesehatan, dan lain-lain. Oleh sebab itu, semua dokumen kependudukan harus sama dan tidak boleh berbeda-beda. Selain itu, penting untuk memutakhirkan data Kartu Keluarga, misalnya status perkawinan, pendidikan, dan golongan darah. 

yle="color: rgb(0, 0, 0);">Dalam acara ini juga dilaksanakan sosialisasi dari Bank Sleman oleh Ibu Retno Hermawati, S.E. dan sosialisasi dari BPJS oleh Perwakilan dari BPJS Ibu Kristina Ulfa. 

yle="color: rgb(0, 0, 0);">Pelayanan jemput bola rekam KTP-el sejumlah 83 pemohon, KTP-el rusak/hilang sejumlah 31 pemohon, Kartu Identitas Anak sejumlah 146 permohonan, pembaharuan KK sejumlah 176 permohonan, aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) sejumlah 35 akun, Akta Kelahiran sejumlah 21 permohonan, Akta Kematian sejumlah 3 permohonan, Kutipan Kedua Akta Kelahiran Hilang sejumlah 3 permohonan dan Kutipan Kedua Pembetulan Akta sejumlah 5 permohonan. 

yle="color: rgb(0, 0, 0);">Bersamaan acara SISIR ADMINDUK, ada pelayanan perbankan dari BPR Bank Sleman dan BPJS juga mengadakan Pelayanan Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan yaitu melayani Pendaftaran peserta baru, perubahan jenis kepesertaan, perubahan data (identitas, alamat, faskes tingkat I, kelas) dan pengajuan reaktivasi segmen penerima bantuan iuran (PBI-JK). Pelayanan BPJS pada hari ini sejumlah 11 pemohon.