SOSIALISASI KEBIJAKAN ADMINDUK PADA FORUM PKK DESA TRIHARJO

Menindaklanjuti Permendagri Nomor 28 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dalam Membantu Meningkatkan dan Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan, bahwa dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan tertib administrasi kependudukan perlu melibatkan peran Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman melaksanakan sosialisasi kebijakan adminduk untuk kader dan anggota PKK Desa Triharjo Kecamatan Sleman. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 07 Desember 2018 bertempat di ruang pertemuan Desa Triharjo.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman, Jazim Sumirat, S.H.,M.Si selaku narasumber menyampaikan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan untuk menjamin hak-hak sipil warga. Ibu-ibu kader dan anggota PKK diharapkan peduli dengan kepemilikan dokumen kependudukan di keluarga masing-masing, cek apakah dokumen kependudukan sudah lengkap meliputi KK, KTP el, akta/surat perkawinan, Akta kelahiran dan akta kematian bagi keluarga yang meninggal, apabila sudah lengkap mohon dicermati kesesuaian antar dokumen. Apabila semua dokumen telah sesuai maka dapat dikatakan sebagai keluarga yang sadar adminduk.

Sosialisasi yang dihadiri 90 kader dan anggota PKK tersebut mendapatkan perhatian yang antusias dari audiens, banyak pertanyaan yang berkaitan dengan kepengurusan kk, KTp elektronik, akta kelahiran, akta kematian dan pengangkatan anak.

Melalui kader dan anggota PKK diharapkan materi sosialisasi dapat disebarluaskan kepada keluarga lain di lingkungan Desa Triharjo.

 

 

Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatal Sipil kab. Sleman "GRATIS/ tidak dipungut biaya"