SISIR ADMINDUK TAHUN 2024 HARI KESEPULUH DI KALURAHAN SENDANGADI, KAPANEWON MLATI, KABUPATEN SLEMAN

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman menyelenggarakan Kegiatan yang merupakan salah satu Inovasi Dukcapil Sleman yaitu Sosialisasi Informasi, Rekam Data, dan Pelayanan Administrasi Kependudukan (SISIR ADMINDUK). Kegiatan SISIR ADMINDUK hari kesepuluh di Tahun 2024 dilaksanakan di Kalurahan Sendangadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman pada hari Selasa, 6 Februari 2024.

Narasumber dalam acara SISIR ADMINDUK tersebut adalah Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Ibu Theresia Okti Herawati, S.H., Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Ibu Raden Rara Endang Mulatsih, S.Sos, M.Si, Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil,Ibu Dra. Mayawati Jati Lestari, M.T. dan Perwakilan Direktur Bank Sleman Bapak Herdy Sulistyo, S.E.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Jawatan Umum Kapanewon Mlati, Lurah Sendangadi, Pamong Kalurahan Sendangadi, Dukuh, Pengurus Lembaga Kalurahan Sendangadi, Kader PKK, Kader Kesehatan, Kader Adminduk, Guru PAUD/TK/SD/SMP dan  Babinsa/Babinkamtibnas.

Acara dibuka oleh Lurah Sendangadi yaitu Bapak Sugengno, beliau menyampaikan bahwa SISIR ADMINDUK merupakan inovasi untuk memudahkan warga di Kalurahan Sendangadi. Antusiasme warga sangat tinggi untuk mengurus dokumen adminduk yang ditandai dengan banyaknya antrian warga baik secara pribadi maupun kolektif yang telah dikumpulkan oleh ibu-ibu Kader Adminduk. Kalurahan Sendangadi memiliki kurang lebih 70 (tujuh puluh) Kader Adminduk yang telah ditetapkan oleh SK Lurah. Diharapkan dengan adanya Kader Adminduk ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kepemilikan dan pemutakhiran data-data kependudukan. Terlebih untuk persiapan Evaluasi GISA mendatang, harapannya Kalurahan dan Padukuhan di Sendangadi mampu menjadi juara.

Dukcapil Sleman menjalin perjanjian kerjasama dengan Bank Sleman dalam pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA) dalam pelayanan perbankan, bagi masyarakat yang putra/putrinya sudah memiliki KIA dan sudah sekolah, mendapat keringanan biaya sebesar Rp.5.000,- untuk setoran awal pembukaan rekening tabungan simpanan pelajar (SimPel). Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Sosialisasi perbankan Bank Sleman oleh Perwakilan Direktur Bank Sleman yaitu Bapak Yoga mengenai pentingnya memiliki Nomor Identitas Kependudukan (NIK) dan dokumen adminduk dalam mengurus keperluan perbankan karena adminduk dan perbankan saling terintegrasi. Beliau memperkenalkan tentang sejarah Bank Sleman, profil pimpinan, lokasi kantor cabang, mobil KAS Keliling, jenis dan produk layanan Bank Sleman, serta ATM yang baru saja di-launching.

Paparan Sosialisasi adminduk oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Ibu Theresia Okti Herawati, S.H. mengenai Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Sleman, serta 15 (lima belas) inovasi yang dimiliki oleh Dinas Dukcapil Sleman yang bertujuan untuk mendekatkan layanan adminduk kepada masyarakat. Setelah itu dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Ibu Raden Rara Endang Mulatsih, S.Sos, M.Si mengenai  komponen data di KK yang terdiri dari 2 (dua) hal yaitu data statis dan dinamis. Data statis misalnya Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, nama orang tua, dan lain-lain. Sedangkan data dinamis misalnya nama, jenis pendidikan, pekerjaan, anggota keluarga, dan lain-lain. Masyarakat dihimbau untuk memutakhirkan data di KK seperti pekerjaan, alamat, pendidikan, golongan darah supaya kualitas data di Kabupaten Sleman menjadi semakin baik. Paparan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Dra. Mayawati Jati Lestari, M.T. selaku Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil. Beliau menyampaikan ada 6 (enam) jenis akta pencatatan sipil, diantaranya adalah Akta Kelahiran. Pentingnya memiliki Akta Kelahiran sebagai dasar untuk mengurus dokumen Adminduk yang lainnya.

Pelayanan jemput bola rekam KTP-el sejumlah 14 pemohon, KTP-el rusak/hilang/perubahan elemen data sejumlah 11 pemohon, Identitas Kependudukan Digital (IKD) sejumlah 81 pemohon, Kartu Identitas Anak sejumlah 126 permohonan, pembaharuan KK sejumlah 302 permohonan, Akta Kelahiran sejumlah 6 permohonan, Akta Kematian sejumlah 7 permohonan dan Kutipan Kedua Akta Kelahiran sejumlah 5 permohonan.

Bersamaan acara SISIR ADMINDUK, ada pelayanan perbankan dari BPR Bank Sleman dan BPJS juga mengadakan Pelayanan Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan yaitu melayanai Pendaftaran peserta baru, perubahan jenis kepesertaan, perubahan data (identitas, alamat, faskes tingkat I, kelas) dan pengajuan reaktivasi segmen penerima bantuan iuran (PBI-JK). Pelayanan BPJS pada hari ini sejumlah 28 pemohon.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments