SISIR ADMINDUK TAHUN 2024 HARI KEDELAPAN DI KALURAHAN SARDONOHARJO, KAPANEWON NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman menyelenggarakan Kegiatan yang merupakan salah satu Inovasi Dukcapil Sleman yaitu Sosialisasi Informasi, Rekam Data, dan Pelayanan Administrasi Kependudukan (SISIR ADMINDUK). Kegiatan SISIR ADMINDUK hari kedelapan di Tahun 2024 dilaksanakan di Kalurahan Sardonoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman pada hari Rabu, 31 Januari 2024.

Narasumber dalam acara SISIR ADMINDUK tersebut adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Bapak Drs. Susmiarto, M.M. dan Perwakilan Direktur Bank Sleman Bapak Herdy Sulistyo, S.E.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Jawatan Umum Kapanewon Ngaglik, Lurah Sardonoharjo, Pamong Kalurahan Sardonoharjo, Dukuh, Pengurus Lembaga Kalurahan Sardonoharjo, Kader PKK, Kader Kesehatan, Kader Adminduk, Guru PAUD/TK/SD/SMP dan  Babinsa/Babinkamtibnas.

Acara dibuka oleh Lurah Sardonoharjo yaitu Bapak Harjuno Wihoho, S.E, beliau menyampaikan bahwa SISIR ADMINDUK merupakan inovasi untuk memudahkan warga di Kalurahan Sardonoharjo. Antusiasme warga sangat tinggi untuk mengurus dokumen adminduk yang ditandai dengan banyaknya antrian warga baik secara pribadi maupun kolektif di masing-masing padukuhan. Aparat yang berada di padukuhan, desa, kecamatan, dan dinas merupakan pelayan masyarakat. Jadi diharapkan aparat ini benar-benar melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya supaya cakupan kepemilikan dokumen kependudukan semakin meningkat.

Dukcapil Sleman menjalin perjanjian kerjasama dengan Bank Sleman dalam pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA) dalam pelayanan perbankan, bagi masyarakat yang putra/putrinya sudah memiliki KIA dan sudah sekolah, mendapat keringanan biaya sebesar Rp.5.000,- untuk setoran awal pembukaan rekening tabungan simpanan pelajar (SimPel). Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Sosialisasi perbankan Bank Sleman oleh Perwakilan Direktur Bank Sleman yaitu Bapak Herdy Sulistyo, S.E. mengenai pentingnya memiliki Nomor Identitas Kependudukan (NIK) dan dokumen adminduk dalam mengurus keperluan perbankan karena adminduk dan perbankan saling terintegrasi. Beliau memperkenalkan tentang sejarah Bank Sleman, profil pimpinan, lokasi kantor cabang, mobil KAS Keliling, jenis dan produk layanan Bank Sleman, serta ATM yang baru saja di-launching.

Paparan Sosialisasi adminduk oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, Drs. Susmiarto, M.M mengenai Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Sleman, serta 15 (lima belas) inovasi yang dimiliki oleh Dinas Dukcapil Sleman yang bertujuan untuk mendekatkan layanan adminduk kepada masyarakat. Setelah paparan diberikan suvenir untuk peserta yang aktif bertanya dan penyerahan secara simbolis dokumen kependudukan meliputi: Akta kematian beserta KK (sebanyak 1 dokumen) kepada pemohon layanan jemput bola SISIR ADMINDUK.

Pelayanan jemput bola rekam KTP-el sejumlah 22 pemohon, KTP-el rusak/hilang/perubahan elemen data sejumlah 44 pemohon, Identitas Kependudukan Digital (IKD) sejumlah 195 pemohon, Kartu Identitas Anak sejumlah 902 permohonan, pembaharuan KK sejumlah 293 permohonan, Akta Kelahiran sejumlah 18 permohonan, Akta Kematian sejumlah 11 permohonan dan Kutipan Kedua Akta Kelahiran sejumlah 4 permohonan.

Bersamaan acara SISIR ADMINDUK, ada pelayanan perbankan dari BPR Bank Sleman dan BPJS juga mengadakan Pelayanan Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan yaitu melayanai Pendaftaran peserta baru, perubahan jenis kepesertaan, perubahan data (identitas, alamat, faskes tingkat I, kelas) dan pengajuan reaktivasi segmen penerima bantuan iuran (PBI-JK). Pelayanan BPJS pada hari ini sejumlah 35 pemohon.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments