RAPAT KOORDINASI PENANGANAN PENDUDUK RENTAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS

Rabu, 27 April 2022, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman mengadakan Rapat Koordinasi Penanganan Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas yang dilaksanakan di Ruang Pangripta Bappeda Kabupaten Sleman. Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Bapak Drs. Susmiarto, M.M. Rapat tersebut dihadiri oleh Kasi Kependudukan Biro Tapem Setda DIY, wakil Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Ketua PPDI Kabupaten Sleman, 27 Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB), Kepala 7 Panti/Yayasan Penyandang Disabilitas. Maksud dan tujuan dilaksanakan rapat koordinasi a. terinventarisnya data penyandang disabilitas yang belum memiliki dokumen kependudukan; b. 2.Terlayaninya pemenuhan hak penduduk penyandang disabilitas untuk memiliki dokumen kependudukan.

Memenuhi amanah Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 sebagaimana diubah dengan UU nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan dan menindaklanjuti surat dari Dirjen Dukcapil Kemendagri Nomor 470/6454/Dukcapil, tanggal 28 Maret 2022, kemudian surat dari Sekretaris Daerah DI Yogyakarta nomor 470/5018, tanggal 6 April 2022 hal sebagaimana pokok surat diatas, dan hasil rapat koordinasi optimalisasi pelayanan dokumen kependudukan yang diselenggarakan Biro Tapem Setda DIY pada tanggal 21 April 2022, Dinas Dukcapil berupaya memenuhi hak penyandang disabilitas untuk memiliki dokumen kependudukan dengan tahapan sebagai berikut : a.Mengumpulkan data penduduk disabilitas yang belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK), belum memiliki akta kelahiran, data kecatatannya belum dilaporkan dalam KK dan yang belum perekaman KTP-el; b.Menyampaikan data sebagaimana dimaksud kepada Kepala DInas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebelum tanggal 17 Mei 2022; c. Memfasilitasi/menyiapkan dokumen pendukung seperti surat kelahiran, KK, Akta nikah orangtua, ijazah, dsb untuk persyaratan permohonan penerbitan NIK dan atau perekaman KTP-el, penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), pembaharuan KK dan permohonan akta kelahiran. 2.Dinas Dukcapil akan mengagendakan jemput bola pelayanan KK, KTP-el, KIA dan Akta ke 29 SLB dan 9 Panti/Yayasan yang ada di Kabupaten Sleman berdasarkan data yang sudah disampaikan ke dinas.