PENINGKATAN KAPASITAS SDM PELAYANAN

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan baik pada front office dan back office  di Dinas Dukcapil , maka diselenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Pelayanan yang dikemas dalam bentuk workshop  dan gathering di Kawasan Pantai Kartini Kabupaten Jepara Jawa Tengah pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 2 dan 3 Februari 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta terdiri dari ASN dan PHL.

Dalam workshop tersebut Kepala Dinas Dukcapil Jazim Sumirat, S.H., M.Si. menyampaikan bahwa perlu pemahaman yang benar  mengenai konsep pelayanan yakni integrasi antar loket, tidak terkotak kotak.

Pertama yang perlu diketahui adalah tentang status hukum seseorang , bahwa bukti atas status hukum seseorang adalah akta kelahiran. Sehingga permasalahan mengenai status seseorang baik nama, tanggal lahir, asala usul Adela dengan melihat akta kelahirannya. Integrasi antar loket yang dimaksud adalah petugas paham dan dapat menyelesaikan permasalahan dengan melibatkan seluruh loket, misal ada kasus pada loket akta kematian, petugas dapat menanyakan kepada petugas di Bidang PIAK dengan membawa berkas, bukan pemohon yang masuk ke ruang Bidang PIAK.

SOP (Standar Operasional dan Prosedur) dan SP (Standar Pelayanan) bukan hal yang sulit apabila petugas dapat memahami bahwa seluruh ketugasan pelayanan dapat diintegrasikan antar Bidang.

Dengan kegiatan ini diharapkan SDM pelayanan di Dinas Dukcapil lebih baik dengan salah satu indikatornya adalah meminimalkan keluhan pemohon.