PENERIMAAN KUNJUNGAN KERJA DARI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SUKABUMI

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Dinas Dukcapil Kota Sukabumi pada hari Rabu 19 September 2018, kunjungan kerja dipimpin oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Kota Sukabumi,  Ir Asep Muliastisna  diikuti oleh Kabid Dafduk, Kasie Pindah datang dan 9 (sembilan) orang operator SIAK. Rombongan dari DInas Dukcapil Kota Sukabumi diterima oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman Jazim Sumirat, S.H.,M.Si berserta jajarannya.

Dalam kunjungan kali ini Dinas Dukcapil Kota Sukabumi mendapatkan informasi tentang proses penyelesaian perekaman KTP elektronik, penerbitan KIA, penerapan SIAK versi 7 serta proses pembersihan data dalam rangka Pileg dan Pilpres 2019.

Kabupaten Sleman telah melaksanakan penerbitan KIA yang dilaunching pada tanggal 28 November 2017, sampai saat ini telah menerbitkan kurang lebih 44.173 keping dari anak usia 0-17 tahun sejumlah 260.000.

Sementara untuk perekaman KTP elektronik telah dilakukan dengan beberapa langkah, yakni jemput bola ke desa dan sekolah-sekolah, data pemilih sementara (DPS) yang diberikan oleh KPU Kabupaten Sleman yang belum melakukan perekaman KTP elektronik didapat data 9500 penduduk. Langkah selanjutnya data tersebut disandingkan dengan data base kependudukan Kabupaten Sleman dan diperoleh data 5000 penduduk yang belum rekam. Data tersebut disampaikan ke Camat untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan mengundang yang bersangkutan untuk perekaman.

Penerapan SIAK Versi 7 telah dilaksanakan di Kabupaten Sleman pada tanggal 24 Agustus 2018 dengan beberapa perubahan pada tampilan Kartu Keluarga yakni penambahan kolom golongan darah, kolom pencatatan perkawinan, kolom agama dan penganut kepercayaan.