PENERAPAN TANDA TANGAN ELEKTRONIK (TTE) PADA DOKUMEN KEPENDUDUKAN

Menindaklanjuti amanat pasal 5 ayat (5) Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman melaksanakan penerapan TTE pada Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran per 29 April 2019.

Tanda Tangan Elektronik pada penerbitan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran menggunakan QR (Quick Record) Code tanpa ada tanda tangan basah dan stempel Dinas. Untuk mengetahui keabsahan/kevalidan data, bisa diketahui dengan memindai menggunakan QR Scanner

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sleman, Jazim Sumirat, S.H., M.Si. menyampaikan bahwa penerapan TTE ini adalah yang pertama kali diterapkan di Kabupaten Sleman sebagai salah satu wujud pencapaian Sleman Smart Regency dan Dukcapil Go Digital.

Sosialisasi penggunaan TTE telah dilakukan dengan menerbitkan Surat Bupati Sleman Nomor 471/00994 hal Penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada Dokumen Kependudukan  tertanggal 24 April 2019. Surat tersebut disampaikan kepada Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Sleman dan Kepala Desa Se-Kabupaten Sleman.

Diharapkan masyarakat dapat memahami dan menyesuaikan dengan penerapan TTE tersebut.