PEMBINAAN RT DAN RW SE-DESA CATURTUNGGAL KECAMATAN DEPOK

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Jazim Sumirat ,S.H., M.Si. berkesempatan menjadi narasumber dalam acara pembinaan RT dan RW se Desa Caturtunggal Kecamatan Depok yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 November 2018 di Balai Padukuhan Karangmalang  dan pada hari Kamis, 22 November 2018 di Balai Padukuhan Tambakbayan .

Pada kesempatan tersebut disampaikan mengenai berbagai materi kebijakan administrasi kependudukan antara lain : perekaman dan pencetakan KTP elektronik, penerbitan akta kelahiran dan Perpres Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Semangat dari terbitnya Perpres tersebut adalah kemudahan, kecepatan dan untuk pelayanan adminduk yang lebih baik serta peningkatan kepercayaan publik. Salah satu perubahan yang mendasar dari Perpres 96 Tahun 2018 adalah perubahan asas pelayanan dari asas peristiwa menjadi asas domisili, pembebasan biaya dan tidak diperlukannya surat pengantar RT RW untuk kepengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

Sosialisasi tersebut mendapatkan banyak apresiasi dari audiens dan diharapkan dengan acara sosialisasi ini masyarakat dapat menerima langsung informasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman dan dapat bertanya langsung kepada narasumber tentang permasalahan yang dihadapi berkenaan dengan administrasi kependudukan.