OUTBOND DALAM RANGKA PENINGKATAN KAPASITAS PEGAWAI

Dalam rangka peningkatan kapasitas pegawai  di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman dilaksanakan outbond pada hari Sabtu 1 September 2018  bertempat di Pantai Sundak Gunungkidul. Acara tersebut diikuti oleh 54 karyawan meliputi 31 ASN dan 23 PHL. Dalam acara ini yang disampaikan oleh narasumber Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jazim Sumirat, S.H., MSi. adalah kesadaran dari internal Dinas yakni karyawan dan keluarganya untuk mensukseskan #GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk)yakni dengan pemutakhiran KK untuk masing-masing karyawan. Sehingga dengan demikian karyawan Dinas Dukcapil bisa menjadi contoh bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Selanjutnya outbond dilaksanakan dalam upaya membentuk kebersamaan dan jiwa korsa antar pegawai Dinas Dukcapil sehingga dapat terwujud sinergitas pelaksanaan tugas dan pekerjaan serta diharapkan tidak terjadi sekat-sekat antar Bidang ataupun Seksi.

Disampaikan pula dalam rangka peningkatan pelayanan adminduk di lingkungan Dinas perlu menerapkan teori Front Office yakni mengutamakan senyum, sapa dan salam. Penting untuk memahami setiap Standar Operational dan Prosedur masing-masing pelayanan, sehingga jangan sampai terjadi petugas front office tidak dapat menjawab pertanyaan dari pemohon. Dengan meningkatnya kualitas pelayanan maka akan meminimalkan aduan dan keluhan dari masyarakat. Diharapkan pula di masa-masa mendatang setiap petugas front office dapat mengikuti pelatihan Public Relationship.