KUNJUNGAN KERJA DARI SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DAN DINAS DUKCAPIL KABUPATEN MAGELANG

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Staf Ahli Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Ibu Ririn Sari Dewi, S.IP, M.Si dan Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Idam Laksana, S.H., M.Hum beserta jajarannya pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB.

Pembahasan dalam acara kunjungan yaitu tentang peran Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman meneribitkan dokumen kependudukan dan menyediakan data administrasi kependudukan yang dibutuhkan berbagai instansi. Oleh karena itu Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman membentuk dan melaksanakan berbagai inovasi dan kegiatan antara lain sisir adminduk, solah sae, jelita jiwa, jafar berkah, luka desi. Posyanduk, gapura datuk, yanduk daring, laritu dan sebagainya.   Pada dasarnya, Dukcapil Sleman siap untuk menyediakan data yang dibutuhkan oleh instansi terkait untuk bantuan sosial, layanan perijinan, pendidikan, pemilu, dan sebagainya.

Ibu Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si. juga tertarik dengan inovasi yang dicanangkan Dukcapil Sleman terkait pelayanan jemput bola serta membahas penduduk non permanen guna mengantisipasi urbanisasi ke Ibu Kota Negara di Provinsi Kalimantan Timur. Bapak Idam Laksana, S.H., M.Hum. menyampaikan ketertarikan terhadap inovasi LUKA DESI. Inovasi LUKA DESI merupakan pelayanan akta kematian oleh Pemerintah Desa/Kalurahan yang telah menjalin kerjasama dengan Dinas Dukcapil. Hal yang membuat beliau tertarik adalah karena akta kematian diserahkan pada hari pemakaman. Selain itu, kerjasama antara Dinas Dukcapil Sleman dengan semua kapanewon dalam hal pelayanan administrasi kependudukan, menjadi inspirasi bagi Dinas Dukcapil Magelang. Pasalnya, sampai saat ini kecamatan-kecamatan di Kabupaten Magelang belum diberikan pelimpahan wewenang untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan. Selanjutnya, akan di susun strategi agar pelayanan menjadi lebih optimal. Mengingat, jarak yang harus ditempuh warga masyarakat yang berada di lereng Gunung Sumbing cukup jauh untuk sampai di kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Magelang.

Kunjungan kerja merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang kedepannya akan diterapkan untuk menjadi lebih baik. Selain itu, penting untuk membangun relasi dan kerja sama demi meningkatkan kinerja organisasi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments