Kerjasama Pelayanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian Dinas Dukcapil Sleman dengan RSUD Sleman

Dalam rangka peningkatan kepemilikan akta kelahiran anak sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik,pemanfaatan data kependudukan sebagai amanat dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman melakukan kerjasama dengan RSUD Sleman. Kerjasama tersebut dalam bentuk pelayanan akta kelahiran dan akta kematian berbasis online dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan pemberian hak akses kepada RSUD untuk dapat memanfaatkan data kependudukan.
Data kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun di Kabupaten Sleman mencakup 86,94% pada akhir Juni 2018, sementara target untuk kepemilikan akta kelahiran anak adalah 90% untuk tahun 2018 sehingga masih diperlukan berbagai upaya untuk percepatan peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran anak. Salah satu upaya tersebut adalah melakukan kerjasama dengan Rumahsakit, Puskesmas, Klinik Bersalin dan Bidan.
Pelayanan akta kelahiran dapat diberikan langsung kepada pasien RSUD Sleman yang baru melahirkan serta pelayanan akta kematian bagi keluarga pasien yang meninggal di RSUD Sleman.
Penandatangan Perjanjian Kerjasama bertempat di RSUD Sleman pada Hari Kamis tanggal 5 Juli 2018 yang dilakukan oleh Jazim Sumirat, S.H., M.Si selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan dr Joko Hastaryo, M.Kes selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Sleman.
Kerjasama ini diharapkan sebagai pintu alternative bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan akta kelahiran atau akta kematian dengan lebih mudah dan cepat, serta data kependudukan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pelayanan kesehatan di RSUD Sleman.
Kerjasama ini diharapkan dapat diterapkan juga kepada seluruh Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik maupun Bidan Bersalin di Kabupaten Sleman sebagai wujud sinergitas instansi terkait dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sekaligus pelayanan administrasi kependudukan.