FORUM KOMUNIKASI DUKCAPIL SE-DIY DI KABUPATEN SLEMAN OKTOBER 2023 : OPTIMALISASI PERAN KALURAHAN/KELURAHAN DALAM PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman menjadi tuan rumah dalam Forum Komunikasi (Forkom) Dindukcapil se-DIY pada hari Senin, 30 Oktober 2023 di Floating Resto. Forkom dihadiri oleh Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) DIY, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dari Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta, Perwakilan Dukcapil Kulon Progo,  dan Ketua beserta Pengurus Paguyuban Lurah se-DIY Nayantaka.

“Marilah menjadi pelayan masyarakat yang melayani sepenuh hati, bekerja karena ibadah sehingga masyarakat sangat bahagia dengan pelayanan yang kita berikan” pesan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Bapak Harda Kiswaya, SE, M.Si dalam sambutannya membuka acara Forkom.

Forkom kali ini membahas Optimalisasi Peran Kalurahan dalam Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masing-masing Kepala Dinas dan Perwakilan Dukcapil menyampaikan laporan kurangya dukungan anggaran dan kegiatan Pemerintah Kalurahan dalam pelayanan adminduk, progress layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), perekaman KTPel pemula untuk pemilu 2024.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, Bapak Drs. Susmiarto, M.M. menyampaikan dalam paparannya peran Pemerintah Kalurahan di Kabupaten Sleman sebagian telah optimal melalui Pos Pelayanan Adminduk di 80 Kalurahan, pelayanan jemput bola di kalurahan khususnya aktivasi IKD, dukungan anggaran Kalurahan untuk sosialisasi dan pelayanan adminduk,  dan Kapanewon yang mendukung penyelenggraaan administrasi kependudukan, dan tindak lanjut data penduduk by name by addres (BNBA) yang belum tercatat memiliki dokumen kependudukan sebagian telah ditindaklanjuti.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) DIY KPH Yudanegara, Ph.d mengharapkan Pengurus Paguyuban Lurah untuk mendorong Pemerintah Kalurahan se DIY dapat membantu pelayanan adminduk di Kalurahan dan menyediakan anggaran yang memadai.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments