EVALUASI GERAKAN INDONESIA SADAR ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (GISA) KAPANEWON, PADUKUHAN DAN KALURAHAN TAHUN 2023 DI KAPANEWON SEYEGAN, KALURAHAN MARGOKATON SEYEGAN DAN PADUKUHAN KENARUHAN DONOKERTO TURI

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan Evaluasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Kapanewon, Padukuhan dan Kalurahan Tahun 2023. Pada hari kelima Senin, 23 Oktober 2023. tim Pelaksana Kegiatan Evaluasi GISA melaksanakan kunjungan lapangan untuk verifikasi dan uji petik dokumen di Kapanewon Seyegan, Kalurahan Margokaton Seyegan dan Padukuhan Kenaruhan Donokerto Turi.

Tujuan pertama kunjungan lapangan pada hari ini dilaksanakan di Kapanewon Seyegan. Tim Pelaksana Kegiatan Evaluasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan disambut oleh Panewu Seyegan dan jajarannya. Panewu Seyegan, Bapak Samino, S.IP, M.Ec.Dev memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada tim, beliau mengatakan meskipun sederhana Kapanewon Seyegan ingin memudahkan pelayanan adminduk kepada masyarakat Seyegan lewat inovasi BERKAT TIAN, KADO MANTEN dan KETEL BARU. BERKAT TIAN merupakan perubahan pertama pemberian Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el) bersama dengan Akta Kematian, jadi jika ada pelaporan Kematian lewat inovasi LUKADESI, Kapanewon memberikan KK baru dan KTP el dengan status Cerai Mati pada ahli warisnya. KADO MANTEN memberikan Kartu Keluaraga dan KTP elektronik dengan status baru yaitu Kawin Tercatat, KK dan KTP el diupdate setelah dilaksanakan Akhad Nikah dan diantar oleh petugas ke tempat resepsi. KETEL BARU merupakan pelayanan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el) bagi aparatur Kalurahan. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, Bapak Drs. Susmiarto, M.M. menyampaikan tim akan menilai bagaimana aparat membahagiakan masyarakat dari sarana prasarana, anggaran yang mendukung pelayanan adminduk, publikasi, inovasi pelayanan dan arsip penyimpanan dokumen kependudukan. Setelah acara ramah tamah selesai tim langsung melaksanakan verifikasi dan uji petik dokumen yang telah dikirim. Selesai penilaian tim berpamitan dan menuju ke tujuan kedua.

Tujuan kedua kunjungan lapangan pada hari ini adalah di Kalurahan Margokaton Seyegan disambut oleh Lurah Margokaton dan jajarannya. Setelah acara ramah tamah, tim langsung melaksanakan verifikasi dan uji petik dokumen yang telah dikirim di Kalurahan Margokaton, pendokumentasian arsip kependudukan di Kalurahan Margokaton sangat rapi dan tertata baik, setelah selesai melaksanakan penilaian, tim segera berpamitan menuju ke tempat penilaian berikutnya yaitu Padukuhan Kenaruhan Donokerto Turi.

Tim disambut oleh Lurah Donokerto dan Jajarannya juga tokoh Masyarakat Donokerto di Padukuhan Kenaruhan Donokerto Turi, setelah sambutan dan ucapan selamat datang oleh Lurah Donokerto Turi, Bapak R Waluyo Jati, S.T. dilaksanakan paparan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Padukuhan Kenaruhan Donokerto Turi oleh Dukuh Kenaruhan Bapak Raden Bambang Soeprasetijo.

Acara dilanjutkan sambutan Bapak Drs. Susmiarto, M.M., beliau menyampaikan “Selama melaksanakan evaluasi di Kapanewon, Kalurahan dan Padukuhan, tim bukan hanya saja menilai tetapi juga belajar dari inovasi-inovasi yang memudahkan pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan.” Inovasi dari Padukuhan Kenaruhan “KEMBANG SALAK”, Kenaruhan Mbangun Sadar Administrasi Kependudukan adalah inovasi sistem pelayanan terpadu yang bertujuan membantu masyarakat dalam mengurus kepemilikan dokumen kependudukan dengan “cepat, akurat dan kredibel”. Sistem pelayanan ini melibatkan Dukuh sebagai pemangku wilayah, petugas Kalurahan dan Kapanewon yang diorganisir dalam sebuah grup WA Kembang Salak.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments