DIALOG SEMBADA TVRI JOGJA DENGAN TEMA “PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN SLEMAN”

Acara Dilaog Sembada di TVRI Jogja merupakan salah satu media informasi dan sosialisasi yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada masyarakat Sleman khususnya. Konsep acara yang dikemas dalam dialog interaktif dengan warga masyarakat untuk menyampaikan pesan tentang GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) yakni meliputi kepemilikan KTP elektronik, perekaman KTP elektronik untuk Pemilu 2019, pelaporan perubahan data segera setelah mengalami peristiwa penting kependudukan (pemutakhiran Kartu Keluarga), kepemilikan akta-akta pencatatan sipil serta inovasi pelayanan adminduk yang telah dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman.

Dialog Sembada Edisi Bulan September yang ditayangkan secara live pada Hari Rabu tanggal 19 September 2018 pukul 17.00 s.d. 18.00 WIB  dengan menghadirkan pembicara Sekda Kabupaten Sleman Bapak Sumadi, S.H, M.H., Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Bapak Jazim Sumirat, S.H., M.Si., dan Kepala Desa Wukirsari Cangkringan Bapak Fuad Jauhari Lutfhi.

Dalam acara tersebut disampaikan beberapa inovasi pelayanan administrasi kependudukan terutama yang bersinergi dengan pelayanan di Desa yakni LUKADESI. Sebagai salah satu bentuk inovasi pelayanan, LUKADESI atau Keluarga Berduka Desa Siaga merupakan pelayanan penerbitan akta kematian, sesaat setelah terjadi peristiwa kematian di desa maka aparat desa melaporkan sekaligus mengurus permohonan akat kematian di Dinas Dukcapil, sehingga pada saat pemakaman dapat diserahkan kutipan akta kematiannya.

Acara Dialog Sembada Edisi September tersebut  mendapatkan atensi dari masyarakat yang cukup antusias ditunjukkan dengan masuknya 1758 SMS jawaban kuis yang pertanyaannya disampaikan oleh Jenk Salak.