BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI UNTUK PETUGAS REGISTER DESA

Pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sleman dilakukan secara komprehenship melibatkan beberapa unsur yaitu Dinas Dukcapil, Kecamatan maupun Desa. Aplikasi LAMINDUK adalah aplikasi pelayanan adminduk berbasis online yang dikembangkan oleh Biro Tata Pemerintahan Setda DIY yang telah diimplementasikan di beberapa Desa di Kabupaten Sleman sejak tahun 2014, untuk meningkatkan kemampuan petugas register Desa terhadap pelaksanaan aplikasi LAMINDUK maka diperlukan bimbingan teknis yang berkelangsungan.

Bimbingan teknis diikuti oleh 86 petugas reristrasi desa se- Kabupaten Sleman diselenggarakan dalam 2 (dua) angkatan yakni hari Selasa tanggal 27 November 2018 dan Rabu 28 November 2018 bertempat di Ruang Pertemuan lantai III Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jalan Parasamya Beran Tridadi.

Hadir sebagai narasumber yakni Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, Jazim Sumirat, S.H.,M.Si. dan Alexander Priyasma, S.Sos dari Biro Tapem Setda DIY. Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Dukcapil menyampaikan perubahan paradigma pelayanan yang terjadi, di era pelayanan dengan berbasis database tunggal NIK (Nomor Induk Kependudukan) maka berdasarkan Pasal 21 Permendagri No. 119 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian serta Tugas Pokok Pejabat Pencatatan Sipil dan Petugas Registrasi, Petugas Registrasi mempunyai tugas pokok: 1) membantu Kepala Desa/Lurah, Disdukcapil Kabupaten/Kota atau UPT Disdukcapil Kabupaten/Kota dalam memberikan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil; dan 2) mengelola dan menyajikan laporan administrasi kependudukan di tingkat desa/kelurahan.

Dengan bimbingan teknis ini diharapkan petugas register desa lebih memahami dan menguasai penggunaan aplikasi LAMINDUK untuk integrasi pelayanan administrasi.